1 2 3 4 5 6 7

Tuesday, March 12, 2013

Ayam Goreng ala Kentucky



Wow..ternyata kalau kita sudah tau triknya dan praktek langsung, membuat ayam goreng yang keriting itu mudah sekali
terima kasih sebelumnya bu Pentyn Said yang sudah meluangkan waktunya berkunjung kerumah saya dan mendemokan ayam andalannya...:-D

Oh ya gambar ayam pertama itu yang gagal keriting yaaa....jadi sebut aja ayam goreng original ...:p ini hasil uji coba saya sebelum diajari oleh chef Pentyn...:-D beliau ternyata pernah menjuarai lomba menggoreng ayam goreng crispy mewakili KFC - juara 2 seluruh Indonesia. Waaaa...beruntungnya saya bisa diajari beliau...:-D
btw maaf ya minyak gorengnya aku pakai yang bekas goreng kemarin bikin ayam goreng juga ...sayang klo dibuang soalnya

teryata ada 2 jenis ayam ala kentucky :
1. Tipe original (tidak crispy-hanya 2x proses penepungan karena kalau kebanyakan akan keras, hasilnya pun tidak terlalu keriting), nah untuk tipe ini tepungnya pasti beda dengan yang tipe crispy dan keriting
2. tipe Crispy (menghasilkan ayam yang renyah dan keriting)

kunci nya adalah pada saat breeding dan penggorengan
1. proses no 2. dan 3 (lihat gambar) diulang 2x dan sambil ditekan2 kemudian dikibas-kibas agar tepung tidak terlalu banyak rontok di minyak
2. menggoreng degan api kecil saja (awal memanaskan minyak goreng apinya besar, kalau sudah mulai menggoreng kecilkan apinya)

NB :
1. saya tidak share resep karena saya menggunakan tepung instant mba nia radin
2. bisa juga meracik resep sendiri atau menggunakan bumbu 'sajiku'

selamat mencoba


Salam dan Semoga bermanfaat,


2 comments: on "Ayam Goreng ala Kentucky "

Anonymous said...

ngeri lihat warna minyaknya, Bu...

Basri Fauzi said...

Menurut saya,gak usah pakai telur sudah cukup untuk membuat ayam goreng tepung menjadi kriting dan renyah,cek disini
Trik Hemat Membuat Ayam goreng Tepung Agar Keriting Dan Renyah lebih lama

Post a Comment